Peran Indonesia dalam Isu Lingkungan Global

Sumber : Kompas
16 Juni 2011
Oleh Andhi Susanto

PERAN aktif Indonesia dalam berbagai forum internasional yang membahas masalah lingkungan kini mendapatkan berbagai pujian dari berbagai negara di dunia. Indonesia saat ini dipandang mampu menempatkan dirinya dalam usaha mengatasi problema lingkungan hidup yang menjadi persoalan dunia. Hal ini kemudian membuka peluang kerjasama di bidang yang lain, setelah Indonesia memiliki hubungan baik melalui kerjasama di bidang lingkungan dengan berbagai negara.

Seperti pandangan neofungsionalisme dalam hubungan internasional, bahwa kerjasama antar negara dapat dimulai dari hal-hal di luar politik yang kemudian bisa menjadi spill over fenomena ke bidang – bidang yang lain. Indonesia diharapkan mampu memanfaatkan posisi pentingnya dalam isu lingkungan hidup kini menjadi concern banyak negara di dunia.

Indonesia sangat potensial mengangkat kepentingan nasionalnya dalam isu REDD misalnya. Saat ini negara kita telah menjalin inisiasi kerjasama antara negara maju dan negara berkembang dalam upaya menurunkan kadar emisi karbon yang disebabkan oleh deforestasi serta degradasi hutan yang dihadapi negara – negara berkembang. Indonesia berperan penting dalam upaya pembentukan platform kerjasama yang menjembatani kepentingan negara – negara utara dengan negara – negara selatan.

Apalagi kini Indonesia telah menjadi anggota dari G20 sehingga Indonesia semakin diperhitungkan dalam konstelasi perpolitikan global. Apalagi mengenai masalah lingkungan, hal ini menjadi concern Indonesia untuk melindungi kekayaan alam serta sumber daya hayati endemic Indonesia. Masalah lingkungan akan mengakibatkan rantai persoalan yang tidak ringan terhadap bidang – bidang kehidupan di Indonesia. Kerusakan hutan karena pembalakan hutan secara sembarangan akan menghancurkan ekosistem alam serta merusak pola irigasi lalu diikuti dengan bencana yang tidak sedikit jumlah kerugiannya misalkan banjir.

Selain isu lingkungan penting bagi kelangsungan hidup beraneka ragam sumber daya hayati di Indonesia, alasan ekonomi juga menjadi faktor yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Isu lingkungan hidup yang menyangkut perubahan iklim, penggunaan zat kimia berbahaya serta keaneka ragam biologi merupakan tiga hal yang utama di dalam kerjasama negara – negara maju dan berkembang.

Meskipun posisi Indonesia sangat dilematis dalam isu ini, karena di satu sisi Indonesia harus membela kepentingan nasionalnya bersamaan dengan negara – negara berkembang lainya vis a vis dengan kepentingan negara maju. Namun di sisi lain, Indonesia sebagai tuan rumah UNFCCC 2007 di Bali menuntut Indonesia sebagai tuan rumah penyelanggara konferensi ini agar menghasilkan keputusan yang optimal karena terkait dengan pencintraan Indonesia di mata dunia internasional.

Indonesia seperti telur diujung tanduk, namun sampai saat ini Indonesia mampu memanfaatkan semua peluang yang berasal dari kerja sama antara Indonesia dengan Norwegia meskipun dengan kondisi dalam negeri yang masih tertatih – tatih. Usaha Indonesia dalam memperjuangkan perbaikan dalam isu lingkungan hidup di dunia global perlu diberikan apresiasi yang tinggi.

Link : http://www.mediaindonesia.com/citizen_read/1826

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s