Terkait REDD, Pemerintah Jangan Didikte Asing

12 Maret 2011

Pemerintah diminta tidak mengikuti aturan main negara asing dalam implementasi  REDD Plus dan mengarahkan konsep penurunan emisi ini pada keharusan negara penghasil emisi untuk membayar kemampuan hutan nasional menyerap karbon.

Yang terjadi saat ini,  kata Lektor Kepala Kebijakan Kehutanan Fakultas Kehutanan IPB, Dodik Nurrochmat, Pada acara dialog Pakar dan Praktisi Kehutanan Bicara Pembelajaran dari Upaya-upaya REDD Plus di Lapangan, di Jakarta, Jumat (11/3), penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan (REDD) plus hanya sebatas menjaring kemampuan asing untuk melaksanakan proyek di daerah.

Padahal, menurut dia, sebenarnya konsep REDD harus diarahkan pada payment  for environmental services (PES) yang artinya Indonesia punya hutan dan menjaganya, tetapi negara lain penghasil emisi karbon harus bayar jasa dan lingkungan atas kemampuan hutan menyerap karbon.

Karena itu, Dodik meminta implementasi REDD Plus jangan sampai menjadi seperti skema LoI Indonesia-Norwegia. “LoI yang sebenarnya tak hanya mengatur soal morartorium hutan primer dan gambut, kini telah mengalami miskonsepsi yang luar biasa dan berpengaruh besar pada masyarakat.”

Menurut dia, “Kita juga tak bisa ikut saja kalau karbon dari hutan kita cuma dihargai 2 dolar AS per metrik ton.” Selain itu, katanya, sampai kini belum ada aturan main yang mengakomodir pihak yang ingin berkontribusi dalam proyek percobaan REDD. Kalaupun ada, kata Dodik, disposisinya tak jelas.

Dia juga mengharapkan agar implementasi REDD Plus menjamin apa yang menjadi hak rakyat. “Berapa nilai yang mereka terima dan apakah bisa dijamin tidak ada kebocoran.” (Ant/OL-2)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/03/12/209591/89/14/Terkait-REDD-Pemerintah-Jangan-Didikte-Asing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s