Kunjungan Dubes AS Ke Hutan Lindung Sungai Lesan

Sumber : Karbon Hutan Berau

26 April 2011

Oleh iwied

Jika beberapa waktu lalu hanya stafnya saja yang berkunjung ke Berau, tapi kali ini (19/04/2011) yang datang adalah Dubesnya langsung. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scott Marciel berkesempatan berkunjung ke Berau selama 2 hari.  Dengan didampingi oleh 6 orang staff Kedubes, beliau juga mengikut sertakan 9 orang yang merupakan orang-orang kunci dari beberapa perusahaan besar seperti BNI46, Cargill, Bumi Resource, PT Berau Coal,  PT Mars, PT Smart.

Rombongannya tiba di bandara Kalimarau Berau Selasa malam 19/04/2011, dan langsung diterima oleh Makmur HAPK (Bupati Berau) di kediamannya sekaligus menjamu dengan hidangan malam malam khas Berau. Dalam jamuan ini, Bupati menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Dubes USA ke Kabupaten Berau. Hal ini memberikan peluang bagi Berau untuk dapat menunjukkan komitmennya dalam upaya perlindungan dan pelestarian sumber daya alam yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Berau kepada dunia internasional. Sebagai ucapan terima kasih dan selamat datang, Scott diberikan sebuah mandau dan topi adat Dayak oleh Bupati.

Pada Rabu 20/04/2011 pagi, semua rombongan sudah bersiap di Hotel Bumi Segah untuk memulai perjalanan menuju Kawasan Lindung Sungai Lesan di Kecamatan Kelay. Iring-iringan pun berjalan perlahan menyusuri jalan menuju kampung Muara Lesan yang ditempuh dalam 2,5 jam. Kondisi jalan yang rusak tidak menghambat perjalanan rombongan. Setiba di kampung Muara Lesan, rombongan segera bersiap untuk menaiki ketinting yang sudah disiapkan oleh masyarakat kampung Muara Lesan dan Lesan Dayak. Sekitar 1 jam berketinting, rombongan tiba di Stasiun Riset Sungai Lesan yang terletak di tepi sungai Lesan dan sekaligus pintu masuk kawasan lindung.

Scott dan rombongan mendapatkan suguhan dari masyarakat Lesan Dayak berupa bubur putih sebagai ucapan selamat datang dan permohonan keselamatan selama berada di kawasan ini. Selama di kawasan, rombongan melakukan berbagai aktifitas seperti trekking di jalur penelitian pakan orangutan hingga ke menara pengamatan sejauh + 4km. Rombongan juga disuguhi atraksi menyumpit dan cara pengambilan madu secara tradisional oleh masyarakat Lesan Dayak.

Dalam kondisi yang seadanya karena memang kawasan ini jauh dari fasilitas memadai seperti listrik, apalagi signal telepon, tidak membuat rombongan jenuh. Justru dengan kondisi ini, Scott dan rombongan dapat melepaskan semua penat pekerjaan yang tentunya menyita waktu dan fikiran. Hanya mata kamera saja yang terus merekam setiap obyek dan moment penting selama di kawasan menjadi hiburan sendiri bagi semua rombongan yang ikut.

Bagi Berau, kunjungan ini menjadi penting mengingat saat ini sedang gencar-gencarnya Berau melaksanakan program pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan melalui program karbon hutan Berau yang tentunya akan sangat memerlukan dukungan dari semua pihak. Dengan kunjungan ini, komitmen ini dapat disampaikan kepada dunia internasional melalui Dubes USA di Indonesia. Perwakilan dari beberapa perusahaan juga telah berjanji untuk mendukung Berau dalam melaksanakan program perlindungan dan konservasi sumber daya alam yang akan diwujudkan dalam program-program lanjutan.

Link : http://www.karbonhutanberau.org/id/2011/04/kunjungan-dubes-as-ke-hutan-lindung-sungai-lesan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s