SBY Jamin Dana Hutan Aman Dikelola IGI Fund

Sumber : Bisnis Indonesia
 28 April 2011
Oleh Irsad Sati
Pemerintah menjamin bantuan keuangan yang diberikan masyarakat internasional kepada Indonesia akan dikelola dengan baik melalui Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) dan Indonesia Green Investment (IGI) Fund yang dibentuk pemerintah.

Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dunia berkewajiban mendukung program kelestarian lingkungan hutan di Indonesia karena merupakan program lingkungan yang memberikan dampak besar bagi tatanan dunia yang hijau dan bebas emisi karbon.

“Kami diminta UNDP untuk memfasilitasi pembentukan institusi keuangan yang bisa mengelola REDD Plus fund, seperti kesepakatan pendanaan yang dicapai antara RI dan Norwegia,” ungkapnya di hadapan peserta dari mancanegara dalam acara Business for The Environment (B4E) tingkat dunia yang dikelola UNDP di Jakarta, hari ini.

Dia menambahkan Indonesia terus bekerja sama dengan dunia internasional untuk mengelola kelestarian, yang salah satunya melalui Forest Eleven Forum.

Forum itu didirikan untuk memastikan bahwa negara-negara yang memiliki hutan terbesar di dunia  bisa bersama-sama menjadi bagian dari solusi iklim global.

Dalam hal ini, tuturnya, program yang dikembangkan oleh F-11 tidak hanya soal kebaikan iklim dunia, tetap juga menguntungkan dari segi pengembangan sosial dan ekonomi bagi anggota forum tersebut.

“Indonesia juga aktif melakukan kerja sama kehutanan secara bilateral dengan sejumlah negara, seperti denga Norwegia, Korsel, Australia, Jerman, Inggris, Jepang, dan Amerika Serikat,” ungkap Presiden Yudhoyono.

Menurut dia, program-program yang dikembangkan dengan negara lain itu akan mampu memberikan nilai tambah dengan mengedepankan konsep menukar kewajiban utang dengan program lingkungan.

Dia memberi contoh pendanaan bagi program lingkungan di Pulau Sumatra melalui skema utang untuk program lingkungan dan kehutanan.

Kepala Negara mengatakan Indonesia mengundang semua pihak di lingkungan internasional untuk terus bergabung bersama RI dalam memperluas program pengurangan emisi karbon dan meningkatkan keanekaragaman kehidupan lingkungan.

Dalam hal ini, tuturnya, Indonesia merupakan salah satu wilayah terpenting dan terluas untuk menjalankan program itu demi keselamatan bumi tempat manusia berdiam.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia tengah menggalakkan penanaman 1 miliar pohon yang diharapkan berkontribusi besar bagi keselamatan hutan dunia di masa mendatang.

“Dunia sendiri akan menghadapi masalah besar dengan laju populasi yang diperkirakan akan mencapai jumlah 9 miliar manusia pada 2050. Ini membutuhkan solusi udara bersih, makanan, energi dan air yang sehat,” ujarnya.(er)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s