Inggris Berkomitmen Tanggulangi Deforestasi di Indonesia

Sumber : Media Indonesia
05 Mei 2011
Oleh : Donny Andhika AM

Sistem yang masih belum stabil, serta manajemen yang kurang lihai, membuat pemerintah Inggris Raya tergerak untuk membantu Indonesia dalam mencapai target untuk mengurangi emisi karbon dan deforestasi. Akan tetapi pilihan itu dikembalikan ke pemerintah Indonesia.

“Kami melihat banyak hal mengenai hutan dan lainnya yang tidak dikelola dengan efisien,” kata Duta Besar Inggris Martin Hatfull saat ditemui di rumahnya, Jakarta, Kamis (5/5).

Pernyataan Martin merupakan salah satu bentuk keprihatinannya atas pengelolaan hutan dan sumber daya alam yang cenderung boros serta merusak. Di sisi lain, Indonesia memiliki tujuan untuk mengurangi emisi sebesar 26 persen atau sebesar 41 persen pada tahun 2020 dengan dukungan internasional, untuk beralih menuju ekonomi rendah karbon yang dapat mencapai pertumbuhan sebesar 7 persen.

“Kami hanya ingin membantu Indonesia untuk mencapai targetnya (pengurangan emisi karbon dan deforestasi) di masa mendatang. Utamanya dalam mengurangi karbon dan deforestasi, khususnya menanggulangi lahan gambut,” kata

Komitmen itu dituangkan oleh Inggris dengan membuat United Kingdom Climate Change Unit (UKCCU) Indonesia. Unit itu merupakan unit kerja lintas pemerintah Inggris dan merupakan unit serupa kedua di dunia.

Martin mengatakan jika Indonesia merupakan salah satu negara yang diprioritaskan menerima bantuan dana untuk menanggulangi permasalahan seputar kehutanan, efisiensi energi. serta lingkungan hidup. Pasalnya, menurut Martin, perubahan iklim dunia saat ini cukup cepat. “Kami menyadari dalam dunia yang terus berkembang, kita harus melakukan reduksi emisi,” katanya.

Inggris, ujar Martin, akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang diprioritaskan untuk memperoleh dana bantuan ini. Lewat UKCCU senilai 50 juta poundsterling atau sekitar Rp695 miliar, siap digelontorkan kepada Indonesia untuk jangka waktu 4 tahun kedepan.

Kendati demikian, hal tersebut tidak akan serta merta didapatkan pemerintah Indonesia. Sebab, menurut Martin, alokasi dana tersebut tidak hanya akan digelontorkan kepada pemerintah.

“Ini bukan hanya untuk pemerintah, tapi LSM juga bisa. Akan tetapi tujuannya untuk membantu pemerintah mencapai targetnya,” kata Dubes Inggris kepada wartawan. “Kami sudah menyiapkan dananya, sekarang tinggal pilihan pemerintah Indonesia,” lanjutnya. (*/OL-2)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/05/223864/89/14/Inggris-Berkomitmen-Tanggulangi-Deforestasi-di-Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s