Perpres Moratorium Hutan Mendesak

Sumber : Media Indonesia
14 Mei 2011

Keberadaan Peraturan Presiden tentang Moratorium Hutan sangat mendesak sebagai salah satu solusi untuk mengurangi potensi bencana dan kondisi iklim yang mulai mengkhawatirkan.

Presiden Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perjuangan Hukum dan Politik HMK Aldian Pinem di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (14/5), mengatakan semua pihak telah mengetahui bahwa hampir seluruh daerah di Indonesia rawan bencana alam seperti banjir dan longsor. “Hujan sedikit, langsung banjir,” katanya.

Kondisi itu disebabkan rusaknya hutan di Tanah Air yang tingkatnya sangat mengkhawatirkan karena banyaknya kegiatan eksploitasi hutan yang tidak teratur. Oleh karena itu, kata Aldian, rencana pemerintah untuk mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Moratorium Hutan sangat diapresiasi untuk kemaslahatan masyarakat.

Perpres itu juga dinilai sangat penting untuk mengatasi pemanasan global yang efeknya telah dirasakan masyarakat dan telah menjadi perhatian internasional. “Lihat saja debit air laut pun sudah tidak normal,” katanya.

Mungkin, kata Aldian, selain menghentikan eksploitasi hutan, perpres itu juga diharapkan memuat ketentuan bagi setiap daerah di Tanah Air untuk membuat hutan kota. “Jika perlu, harus dibuat menjadi perda (peraturan daerah),” katanya. (Ant/OL-01)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/14/226098/89/14/Perpres-Moratorium-Hutan-Mendesak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s