Kawasan Timur Indonesia Ingin Berperan Optimal Hadapi Perubahan Iklim

Sumber : Media Indonesia
14 Mei 2011
Oleh : Laras Pratiwi

Komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi 26% dengan usaha sendiri dan 41% dengan bantuan internasional pada tahun 2020, memberikan peran dan tantangan Indonesia dalam mengurangi dampak isu perubahan iklim dunia.

“Indonesia memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan, walau setiap negara memiliki kewajiban yang tidak sama. Jika dilihat dari penghasil emisi di dunia, kita tidak punya agenda wajib di dalam traktat global protokol kyoto. Tetapi, tentu kita punya kesadaran untuk mempertahankan kelangsungan cucu-anak kita di masa depan,” kata Sekjen Bina Produksi Kehutanan Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto pada workshop National Symposium on Climate Change and Enviromental yang diselenggarakan HMI di Jakarta, Sabtu (14/5).

Dilihat dari sektor kehutanan, Hadi menjelaskan, sektor kehutanan nasional mulai memasuki era baru di tengah kencangnya isu perubahan iklim. Pembangunan kehutanan nasional kini lebih mengarah pada kebijakan yang memelihara dan menanam serta tidak lagi mengedepankan kebijakan ekstraktif yang menguras sumber daya alam.

Hadi mengungkapkan, konsep ekonomi hijau yang muncul pada tahun 2009 lalu juga diusung oleh sektor kehutanan. Tujuannya adalah mengusung pembangunan rendah karbon setelah traktat global Protokol Kyoto tentang perubahan iklim makin sulit direalisasikan. Kini, upaya mengatasi perubahan iklim pun lebih banyak dalam kerangka bilateral, termasuk program REDD plus.

“Kebijakan yang dilakukan Kementerian kehutanan, pertama, kita membangun hutan dengan tidak boleh membakar. Kedua, kita melakukan konservasi hutan. Ketiga, kalau orang yang menggunakan kawasan hutan, seperti perkebunan kelapa sawit kan menggunakan kawasan hutan. Nah hutan yang kita lepas adalah kawasan hutan yang sudah rusak, dan tidak boleh membakar dengan kebijakan zero burning policy. Hal ini dimaksud agar tidak menyumbang kadar karbon yang tinggi,” ujarnya. (OL-8)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/14/226132/89/14/Indonesia-Ingin-Berperan-Optimal-Hadapi-Perubahan-Iklim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s