Inpres Moratorium Berdampak Positif

Sumber : Media Indonesia
28 Mei 2011
Oleh Rudy Kurniawansyah

Intruksi Presiden (Inpres) moratorium hutan No.10/2011 yang baru ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki dampak positif bagi produksi kehutanan. Kalangan dunia usaha sektor kehutanan di Provinsi Riau menilai moratorium itu dapat mendongkrak harga produksi hutan seperti kayu dan turunan di pasar dunia.

”Kami kira inpres moratorium bisa menaikkan harga kayu dari Indonesia dan produk turunan lebih baik dari saat ini. Hal itu positif bagi dunia usaha,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Riau Endro Siswoko, Sabtu (28/5).

APHI juga mengimbau berbagai kalangan untuk tidak terburu-buru menilai negatif dari terbitnya Inpres tentang Penundaan Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut tersebut. Pasalnya, berbagai kebijakan yang diberlakukan pemerintah masing-masing memiliki dampak positif dan dampak negatif yang baru bisa dirasakan oleh dunia usaha ketika suatu kebijakan itu dijalankan serta menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha.

Ia lantas mencontohkan ketika terjadi gempa dan tsunami di Jepang beberapa waktu lalu berbagai kalangan menilai akan menimbulkan dampak negatif bagi ekspor produk kayu Indonesia, namun yang terjadi justru industri panel dan kayu dalam negeri kesulitan memenuhi permintaan negara yang sedang melakukan rekontruksi itu.

”Ternyata apa yang biasa kita anggap jelek, bisa menjadi baik dan begitu juga sebaliknya. Bisa saja dengan adanya inpres moratorium itu pengusaha mendapatkan insentif, kemudian premium price untuk produksi yang dijual,” ungkapnya.

Kondisi itu, lanjutnya, terjadi karena para buyer (pembeli) di luar negeri telah mengetahui bahwa Indonesia telah menjalankan aturan dalam menjaga lingkungan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari deforestasi bagi dunia. Meski begitu, APHI Riau masih menjaring masukan dari para anggota terkait pascaterbitnya inpres moratorium itu.

”Bagi dunia usaha yang izinnya sudah terbit, maka inpres itu tidak jadi masalah. Tapi tidak dengan mereka yang masih dalam proses pengurusan izin. Namun kami masih mencari masukan dari teman-teman,” ujar Endro. (RK/OL-13)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/28/229553/126/101/Inpres-Moratorium-Berdampak-Positif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s