Peta Indikatif Inpres Moratorium Hutan Diragukan

Sumber : Prima Online
30 Mei 2011
Oleh Oki Baren

Akurasi Peta Indikatif dalam lampiran Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10/2011 tentang Penundaan Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut, diragukan.

Pasalnya, berdasarkan hasil uji petik yang dilakukan oleh Greenomics Indonesia terhadap blok-blok hutan alam primer pada peta indikatif tersebut, ditemukan sedikitnya sembilan blok besar yang diklaim sebagai hutan alam primer ternyata kondisinya lebih didominasi oleh hutan alam sekunder.

“Ketidakakurasian tersebut juga berpotensi besar bisa digugat secara hukum,” papar Direktur Eksekutif Greenomics Indonesia, Elfian Effendi, kepada primaironline.com, di Jakarta, Senin (30/5).

Greenomics meminta agar pemerintah memberi penjelasan atas indikasi ketidakakurasian peta indikatif tersebut, karena hal itu terkait langsung dengan kredibilitas sebuah Instruksi Presiden Republik Indonesia.

Menurut Elfian, beberapa kawasan konservasi yang kondisi tutupan hutannya sudah berupa hutan alam sekunder ternyata diklaim sebagai hutan alam primer. Klaim tersebut ditemukan pada blok-blok hutan alam di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

“Ada indikasi, Inpres tersebut ingin memaksimalkan luas areal moratorium dari kawasan konservasi dan hutan lindung agar terkesan luas areal hutan yang terkena moratorium menjadi luas secara total. Diduga, cara yang ditempuh adalah dengan meningkatkan status hutan alam sekunder menjadi hutan alam primer,” ujar Elfian.

Kondisi tersebut, lanjut Elfian, memperlihatkan tidak sinkronnya antara isi Inpres dan lampirannya (peta indikatif).

Elfian mencontohkan, dua blok kawasan konservasi di Provinsi Kalimantan Tengah yang diklaim oleh peta indikatif sebagai hutan alam primer, ternyata menurut data Kementerian Kehutanan merupakan tutupan hutan yang didominasi oleh hutan alam sekunder. (feb)

Link : http://www.primaironline.com/berita/ekonomi/1257305-peta-indikatif-inpres-moratorium-hutan-diragukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s