6 Provinsi antisipasi perubahan iklim

Oleh Odie Krisno
12 Juni 2011

Kalimantan Barat bersama 5 provinsi lainnya tengah menggali informasi dan melakukan pertemuan teknis di setiap sektor untuk menyempurnakan dan melengkapi database seluruh anggota Gugus Tugas Gubernur untuk Perubahan Iklim dan Kehutanan.

Ke-5 provinsi lainnya tersebut yakni Papua, Papua Barat, Nangroe Aceh Darussalam, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Gugus Tugas Gubernur untuk Perubahan Iklim dan Kehutanan (Governor’s Climate and Forest Taskforce/GCFT) ini merupakan mitra dari 16 pemerintah daerah (pemda) dari 5 negara yakni, Indonesia, Amerika Serikat, Brasil, Meksiko dan Nigeria. GCFT terbentuk sejak digagas pada pertemuan Puncak Perubahan Iklim Para Gubernur di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2008.

“Program bersama 5 provinsi di Indonesia yang memiliki hutan terluas ini untuk mengatasi perubahan iklim, juga sangat tergantung hasil konsesus ini, serta peran GCFT,” ujar Avi Mahaningtyas, Chief of Cluster, Environment and Economic Governance, kepada Bisnis, akhir pekan ini.

Avi menegaskan hasil dari data base GCFT 5 provinsi itu, diharapkan bisa menurunkan emisi karbon 26% pada 2020.

“Tidak hanya dapat menurunkan emisi 14% dari sektor hutan dan lahan, tetapi juga dari sektor energi bisa diturunkan sampai 6%,” imbuhnya.

Menurut Avi, dari hasil pertemuan yang telah berlangsung di Pontianak pada 9-11 Juni, dan berlanjut September 2011 di Palangkaraya diharapkan dapat menyukseskan komitmen dan mendukung kebijakan pemerintah menurunkan emisi karbon hingga 26%. (api)

Link :http://www.bisnis.com/ekonomi/makro/26920-6-provinsi-antisipasi-perubahan-iklim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s