Platform dan Rekonsiliasi Lahan Hutan Segera Dilakukan

Sumber : Bisnis Indonesia – 20 Juli 2011
Oleh Sepudin Zuhri

Pengusaha perkebunan kelapa sawit meminta pemerintah membuat platform dan rekonsiliasi soal definisi lahan hutan dan status legal lahan dengan kondisi fisik di lapangan, agar setelah moratorium selesai tidak lagi menghadapi permasalahan status lahan.
Dirut PT Sinar Mas Agro Resources Technology Tbk (SMART) Daud Dharsono mengatakan pemerintah harus melakukan rekonsiliasi status legal lahan dengan kondisi fisik di lapangan, karena banyak ketidakjelasan status lahan.

Dia mencontohkan areal penggunaan lain (APL) yang dapat dibuka, tetapi merupakan lahan gambut. Selain itu, terdapat hutan yang masih bagus, tetapi di sisi lain ada areal hutan bagus yang sudah tidak ada tanamanya, sehingga perlu dilakukan rekonsiliasi.

“Selama pelaksanaan moratorium itu, maka perlu harmonisasi peraturam pusat dan daerah, karena selama ini ada disharmoni peraturan pusat dan daerah,” ujarnya saat Diskusi Moratorium Mengancam Minyak Sawit Lestari, hari ini.

Langkah lainnya, kata dia, perlu membentuk platform untuk menyamakan definisi dan persepsi seluruh pemangku kepentingan seperti LSM, pemerintah, peneliti, masyarakat ada, pengusaha dan lainnya sehingga akan memiliki platform yang sama.

“Harus ada satu fondasi yang sama, kalau itu tidak ada, maka percuma, barus sosialisasi internasional. Di Inpres [Inpres No. 10/2011 tentang Moratorium] belum ada penanggung jawab, juklak dan juknis atau mungkin sudah ada, siapa koordinator apakah UKP4, Menhut atau siapa?” ujarnya.

Dia berpendapat untuk menciptakan lahan kelapa sawit yang lestari -memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan tanpa merusak lingkungan- telah memiliki Indonesia Sustainability Palm Oil (ISPO) yang bersifat wajib dan RSPO yang bersifat sukarela.

Beberapa persoalan yang berkaitan dengan lingkungan, kata dia, di antaranya persoalan minyak sawit lestari, efek gas rumah kaca, polusi, deforestasi, berkurangnya high carbon stock, pendanaan, ekonomi biaya tinggi, kebakaran, dan asap. (tw)

Link : http://www.bisnis.com/industri/agroindustri/31990-platform-dan-rekonsiliasi-lahan-hutan-segera-dilakukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s