Kadin Desak Pemerintah Kendalikan Jumlah Penduduk

Sumber : Kontan – 26 Juli 2011
Oleh Petrus Dabu

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengimbau pemerintah mengendalikan jumlah penduduk yang sudah mencapai 240 juta dengan tingkat pertumbuhan 1,8% per tahun. Sebab, Kadin menilai, Indonesia menjadi negara dengan tingkat konsumsi beras tertinggi di dunia.

Jika tidak dikendalikan, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, Indonesia akan menjadi konsumen beras terbesar di dunia. Selain mengendalikan penduduk, Kadin juga mendorong pemerintah mengembangkan program diversifikasi pangan.

Menurutnya, selama ini, beras menjadi komoditas pangan andalan menyebabkan ketergantungan terhadap beras sangat tinggi. Padahal, dia bilang, masih ada sumber pangan lain yang berasal dari umbi-umbian.

Suryo mengatakan, upaya ketahanan pangan di Indonesia terjebak pada aspek perluasan lahan pertanian dan pengingkatan produksi beras. Padahal, lanjutnya, perluasan lahan selalu berbenturan dengan upaya untuk menjaga kelestarian hutan.

Berdasarkan data Badan Ketahanan Pangan, konsumsi beras penduduk Indonesia per kapita pada tahun 2009 adalah 139,14 kg per tahun. Ini jauh diatas rata-rata konsumsi beras penduduk dunia yang hanya 60 kg per tahun. Dibandingkan negara-negara Asia lainnya, Indonesia tertinggi. Konsumsi beras Korea Selatan hanya 40 kg per tahun, Jepang 50 kg per tahun, Malaysia 80 kg per tahun dan Thailand 70 kg per tahun.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa berjanji menjaga ketahanan pangan nasional dengan meningkatkan produksi pangan dalam negeri serta memperkuat cadangan beras di Badan Urusan Logistik. Menurutnya, saat ini yang menjadi ke khawatiran dalam pelaksanaan ketersedian pangan nasional adalah ketersedian lahan. “Ketahanan pangan masih bermasalah pada lahan, dan menjadi tantangan tersendiri dalam penyediaan pangan,” ujarnya.

Karena itu, dalam inpres moratorium pengebangan hutan, pemerintah mengecualikan penebangan hutan untuk kepentingan pangan.”Lahan harus ada untuk pertanian, moratorium ditiadakan untuk ketahanan pangan pokok dan ketersedian infrastruktur utama seperti pangan, gula dan geothermal,” ujarnya.

Link : http://nasional.kontan.co.id/v2/read/nasional/73823/Kadin-desak-pemerintah-kendalikan-jumlah-penduduk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s