Linda Gumelar Tandatangani MoU dengan Menhut Zulkifli Hasan

Sumber : Pos Kota – 03 Agustus 2011

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPP-PA) Linda Amalia Sari Gumelar dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Kemhut, Jakarta, Rabu (3/8).

MoU tersebut meningkatkan efektivitas pengarusutamaan gender di bidang kehutanan.

Kerja sama kali ini diberlakukan agar beragam hasil pembangunan kehutanan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali perempuan.

”Tujuan MOU agar mewujudkan kebijakan, program dan kegiatan yang berperspektif gender dan peduli hak anak di Kementerian Kehutanan, sesuai dengan tujuan dari dikeluarkannya Inpres No 9/2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Keuangan No. 93 Tahun 2011 yang di dalamnya ada Pelaksanaan Anggaran yang Responsif Gender,” papar Linda.

Sepanjang 2010, kata Linda, KemPP-PA telah melakukan Kesepakatan Bersama dengan gubernur se-Indonesia, dan delapan kementerian maupun lembaga. Menurutnya, pembangunan kehutanan telah dirasakan manfaatnya selama ini, terutama untuk menggerakkan sektor ekonomi dengan berbasis potensi daerah.

Dengan potensi ekonomi dari sektor kehutanan tersebut, diharapkan sektor ini juga dapat menggerakkan sektor terkait lainnya, misalnya sektor sosial, budaya, lingkungan, pariwisata, transportasi dan infrastruktur kepariwisataan yang hasilnya juga dirasakan manfaatnya oleh semua kelompok masyarakat yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Banyak isu gender dan isu pemenuhan hak anak yang ditemukan di bidang kehutanan karena terkait dengan peningkatan kesejahteraan terhadap masyarakat, mulai dari isu kemiskinan, kesetaraan, pelestarian sumber daya alam, pendidikan, kesehatan dan gizi anak, sarana maupun prasarana lingkungan, tenaga kerja, permodalan, dan issue akses, partisipasi, kontrol dan manfaatnya.

Beberapa isu kunci dalam bidang kehutanan yang dikaitkan dengan upaya untuk mewujudkan kesetaraan gender di Bidang Kehutanan antara lain memastikan bahwa hak tradisional kaum perempuan tidak dihilangkan dalam hal pemanfaatan sumber daya alam hutan beserta hasil-hasilnya. (aby/dms)

Link : http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/08/03/linda-gumelar-tandatangani-mou-dengan-menhut-zulkifli-hasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s