Illegal Logging di Riau Rugikan Negara Rp73,36 T

Sumber : Okezone – 04 Agustus 2011

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyatakan saat ini konversi hutan oleh sejumlah perusahaan masih berlangsung khususnya di Riau. Dampak dari kasus illegal logging sampai saat ini menimbulkan kerugian negara sekira Rp73,36 triliun.

Menurut Ketua Walhi Eksekutif Nasional Muhammad Teguh Surya, saat ini setidaknya ada sekira 243.672 hektar hutan di Riau atau dari kubikasi kayu alam sebanyak 23.753.599 meter kubik yang siap dikonversi perusahaan kertas dan bubur kertas di Riau.

“Dan total total biaya kerugian terhadap perusakan lingkungan sebesar Rp1.994,5 trilun,” katanya kepada okezone, Kamis (4/8/2011).

Menurut dia kerugian, negara yang ditimbulkan dari kejahatan kehutanan ini sebanding dengan 17 kali lebih besar dari APBD Provinsi Riau 2010 atau tujuh persen dari APBN 2010

“Dan jika dilihat dari total biaya kerusakan lingkungannya menjadi 190 persen atau hampir dua kali lipat dari APBN 2010,” tandasnya.

Selain itu, para aktivis meminta Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetap komitmen menjaga lingkungan yang katanya akan mengurangi emisi karbon sampai 41 persen.

“Kebijakan moratorium konversi hutan alam dan lahan gambut harusnya mampu menjawab permasalahan kesemrawutan tata kelola kehutanan ini, namun Inpres Nomor 10/2011 hanya basa-basi dan tetap memberi ruang penghancuran hutan yang terus terjadi selama tiga dekade terakhir,” tambahnya.

Sementara aktivis kehutanan di Riau, Jaringan Kerja Penyelamatan Hutan Riau (Jikalahari) merilis bahwa dari hasil pantauan yang dilakukan, perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam dugaan tindak kejahatan kehutanan dan lingkungan hidup ini sepanjang 2009–2010 telah membabat hutan alam seluas 51.469 hektare (ha).

“Membuka kembali kasus SP3 Illegal logging 14 perusahaan di Riau sangat mendesak untuk dilakukan oleh Kapolri. Hal ini dimaksudkan agar kepercayaan masyarakat akan proses penegakan hukum yang adil dan tegas masih bisa diharapkan di negeri ini,” kata Koordinator Jikalahari Muslim.

Dia juga meminta Kementerian Lingkungan Hidup untuk memainkan perannya sebagaimana yang diatur oleh UU Nomor 32 tahun 2009 Pasal 90 yaitu melakukan gugatan ganti kerugian akibat kerusakan lingkungan hidup.

Link : http://economy.okezone.com/read/2011/08/04/320/488170/illegal-logging-di-riau-rugikan-negara-rp73-36-t

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s