Jangan Cuma Kurangi Karbon Dioksida

Sumber : Kompas – 04 Agustus 2011
Oleh Yunanto Wiji Utomo | Tri Wahono

Upaya mengatasi perubahan iklim selama ini selalu terfokus pada upaya mengurangi emisi gas karbon dioksida (CO2). Padahal, berdasarkan publikasi tim peneliti dari Earth System Research NOAA di Jurnal Nature, Rabu (3/8/2011), mengurangi emisi gas rumah kaca lain juga bisa memperlambat perubahan iklim.

“Kami tahu bahwa perubahan iklim utamanya dipacu oleh emisi CO2 dari pembakaran bahan bakar fosil. Kita juga tahu bahwa masalah itu akan tetap ada sebab CO2 bertahan di atmosfer. Tapi, menurunkan emisi dari gas rumah kaca lain bisa memberi perubahan lebih cepat untuk perbaikan, ” kata Stephen Montzka, salah satu peneliti.

Berdasarkan studi tim ilmuwan itu, diketahui bahwa untuk menstabilkan efek pemanasan akibat CO2 yang ada di atmosfer kini dibutuhkan pengurangan emisi CO2 sebesar 80 persen. Perubahan iklim memang tak dapat dicegah tanpa komitmen mengurangi emisi CO2 yang bisa eksis di atmosfer dalam jangka ribuan tahun.

Namun, hasil studi juga menunjukkan bahwa dengan mengurangi emisi gas non CO2 sebesar 80 persen, pemanasan yang berujung pada perubahan iklim bisa ditunda selama beberapa dekade. Bila upaya pengurangan emisi CO2 juga dilakukan, maka dampak pemanasan akibat gas-gas itu dalam abad ini bisa dihambat.

Saat ini, gas-gas rumah kaca lain seperti metana, nitrogen oksida, dan gas lain yang bisa merusak lapisan ozon masih ada dalam konsentrasi rendah. Namun, tim ilmuwan mencatat bahwa tanpa perubahan perilaku, maka emisi dari gas non CO2 akan terus meningkat dan semakin mempercepat perubahan iklim.

James Butler yang juga salah satu peneliti NOAA mengatakan, “Program jangka panjang mengurangi emisi CO2 tak seharusnya melupakan efektivitas aksi jangka pendek. Mengelola emisi dari gas non CO2 adalah salah satu kesempatan untuk menambah kontribusi.”

Link : http://sains.kompas.com/read/2011/08/04/23081047/Jangan.Cuma.Kurangi.Karbon.Dioksida

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s