Potensi Perdagangan Karbon di Indonesia Besar

Sumber : Bisnis Indonesia – 09 Augustus 2011
Oleh Gloria Natalia

Peluang perdagangan karbon di Indonesia besar dengan perhitungan potensi karbon yang terserap di hutan Indonesia capai 25,773 miliar ton.

Potensi itu belum termasuk karbon yang terdapat di hlahan hutan gambut dan lahan kering. Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) mencatat Indonesia diperkirakan mampu menyerap 5,5 giga ton CO2.

Karea itu, Indonesia menduduki urutan kelima di dunia yang berpotensi melakukan 10% suplai carbon credit dunia. Dengan luas hutan lindung sekitar 36,5 juta hektar, nilai penyerapan karbon Indonesia berkisar US$105 miliar hingga US$114 miliar.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan perdagangan karbon merupakan satu peluang ekonomi selain eksploitasi pohon. “Salah satu cara menyelamatkan bumi yakni perdagangan karbon. Bisa jadi guide bagi kita yang ingin berdagang karbon,” katanya hari ini.

Menurut Zulkifli, saat ini Kemenhut tengah menyusun sertifikat perdagangan emisi hutan Indonesia. Pengaturan pasar sertifikat karbon ini dapat dilakukan wajib, bisa juga dengan cara pasar karbon sukarela (PKS).

Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto mengatakan PKS ini sedang dibangun. “Potensi kita untuk dagang karbon besar. Potensi pasar besar ke Jepang dan Korea,” kata Hadi pada awal Agustus.

Menurutnya, sebuah perusahaan asal Belanda minat berinvestasi karbon di hutan nagari di Kalimantan Barat. Nilai investasinya tidak disebutkan Hadi. “Yang pasti nilainya kecil. Selain dia, belum lagi ada yang berminat,” ucapnya.

APHI menyebut menurut data internasional penyumbang emisi gas rumah kaca adalah 80% dari fosil dan 20% dari Land Use, Land-Use Change and Forestry (LULUCF)/ deforestation.

APHI juga menyatakan sesuai data untuk Asia Tenggara, penyebab utama dari sumber deforestasi adalah pertanian dan peternakan. Rinciannya, dalam bentuk intensive agriculture menyumbang 44%, subsistence agriculture 44%, peternakan 6%, dan pembalakan kayu (logging) 6%. (bsi)

Link : http://www.bisnis.com/industri/agroindustri/34794-potensi-perdagangan-karbon-di-indonesia-besar

One response to “Potensi Perdagangan Karbon di Indonesia Besar

  1. kalo memang indonesia mau dagang karbon ga jangan dikasih izin dong prusahaan besar perkebunan membuka lahan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s