Sertifikasi Green Building Diluncurkan

Sumber : Kompas – 12 Agustus 2011

Kementerian Lingkungan Hidup atau KLH, Jumat (12/8/2011) di Jakarta, meluncurkan Sistem Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan.

Salah satu implementasinya adalah standar dan kriteria teknis yang terukur, terlaporkan dan terverifikasi untuk bidang perkotaan. Green Building Council Indonesia atau GBCI ditunjuk oleh KLH sebagai Lembaga Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan yang pertama di Indonesia.

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, usai peluncuran sertifikasi itu, mengatakan program ini diharapkan turut membantu menekan laju emisi di Indonesia. Kontribusinya diharapkan nyata seperti target yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menekan laju emisi sebesar 26 persen.

Selain faktor emisi, ia yang didampingi Deputi Menteri LH Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Kementerian Lingkungan Hidup Henry Bastaman menjelaskan, implementasi sertifikasi ini juga untuk menghemat eksploitasi sumber daya alam.

Seperti efisiensi listrik yang bersumber dari bahan bakar fosil serta penggunaan air. Selain itu, didorong penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan.

“Saya telah memerintahkan jajaran Kementerian Lingkungan Hidup untuk mempercepat penyediaan sistem dan perangkat penerapan Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 serta meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait. Salah satunya adalah implementasi standar/kriteria teknis yang terukur, terlaporkan, dan terverifikasi untuk bidang perkotaan dengan melibatkan para praktisi yang kompeten dan masyarakat banyak secara langsung,” ujar Gusti.

Ia menjelaskan, sistem ini penting untuk melakukan praktik nyata yang sekaligus menjadi sarana pemberdayaan dan pembelajaran para praktisi bangunan ramah lingkungan dan masyarakat, khususnya para penghuni, pengelola, pengguna, dan pengunjung bangunan ramah lingkungan.

Dampak ekonomi dan sosial yang diharapkan dari implementasi Bangunan Ramah Lingkungan adalah stimulasi demand dan supply dengan kuantitas, kualitas, dan sebaran yang diharapkan semakin meluas di Indonesia. Hal ini sejalan dengan arah pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu pro-growth, pro-poor, pro-job, dan pro-environment .

Link : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/08/12/13300934/Sertifikasi.Green.Building.Diluncurkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s