Masyarakat Kehutanan Rakyat Gelar Pertemuan di Bogor

Sumber : Kompas – 05 September 2011

Masyarakat yang peduli nasib hutan masyarat atau rakyat dan pengurangan emisi karbon dunia berencana menggelar pertemuan skala nasional di Cisarua, Bogor, selama tiga hari mulai Selasa (6/9/2011).

Kegiatan tersebut dimotori Forum Komunnikasi Kehutan Masyarakat (FKKM), yang kantor seketariat nasionalnya berkedudukan di Bogor.

FKKM menginisiasi pertemuan untuk memantapkan posisi kehutanan masyarakat dalam pasar global dan pengelolaan hutan berkelanjutan di Indonesia.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan lembaga tersebut, Senin, dijelaskan bahwa Hutan dan Masyarakat merupakan kesatuan, namun kejelasan dan keamanan tenurial belum didapatkan.

Kehutanan Masyarakat, kini menghadapi tantangan memasuki pasar global, khususnya dalam perdagangan kayu rakyat yang juga diserap industri. Isu global seperti perubahan iklim pun menjadi tantangan bagi sektor kehutanan, yang diharapkan menyumbang 14 persen untuk penurunan emisi nasional.

Upaya mengurangi emisi dari deforestrasi dan degradasi yang ditumpukan pada hutan Indonesia, juga menjadi tantangan bagi masyarakat sekitar hutan. Ditempuhnya moratorium perizinan hutan; kebijakan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dalam memberantas illegal logging, bisnis ekosistem serta green enterpreneurship mewarnai upaya pengelolaan hutan berkelanjutan.

Target sektor kehutanan adalah pembangunan kehutanan berkelanjutan (sustainable forest development) yang berbasis pada ekologis, ekonomi, dan sosial. Dimana basis sosial diterjemahkan sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dan menciptakan kelembagaan dalam pemanfaatan kawasan dan fungsi hutan.

Keberagaman upaya pengembangan Kehutanan Masyarakat di Indonesia menjadi nilai tersendiri. Dalam pertemua tersebut, berbagai pengalaman harus diangkat dan didorong untuk satu tujuan: masyarakat sejahtera dan hutan lestari.

Adapun FKKM sendiri adalah forum dialog dan belajar bersama multipihak tentang kehutanan masyarakat. Lembaga ini berperan sebagai pendorong gerakan menuju cara pandang kehutanan masyarakat di Indonesia.

Link : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/09/05/23310845/Masyarakat.Kehutanan.Rakyat.Gelar.Pertemuan.di.Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s