Indonesia Lanjutkan Komitmen Pengurangan Emisi

Sumber : Media Indonesia – 27 September 2011
Oleh Aryo Bawono

Indonesia terus berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan kelestarian hutan. Menteri Kehutanan telah mengeluarkan peta kawasan moratorium seluas 72 juta hektar.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkomitmen untuk melanjutkan sisa masa jabatannya untuk meningkatkan lingkungan hutan di Indonesia.

“Pada bagian saya, saya akan melanjutkan pekerjaan saya dan mendedikasikan tiga tahun terakhir masa jabatan saya sebagai Presiden untuk memberikan hasil abadi yang akan mempertahankan dan meningkatkan lingkungan dan hutan di Indonesia,” ujarnya ketika memberikan pidato dalam Konferensi Internasional Tentang Hutan di Indonesia, di Hotel Shangrila, Selasa (27/9).

Ia menyatakan pemerintah Indonesia telah melakukan tindak lanjut dengan membuat beberapa kebijakan antara lain moratorium eksploitasi dua tahun pada lisensi baru pada sumber daya primer alami, hutan dan semua lahan gambut. Selain itu, Presiden juga mengeluarkan peraturan pengurangan gas efek rumah kaca.

Pemerintah selama ini telah menyiapkan 70 program yang didanai APBN. Program ini merupakan demonstrasi pengurangan emisi 26% pada tahun 2020.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan program ini mencakup pembukaan peta kawasan hutan seluas 72 hektar. Kawasan tersebut tidak akan diganggu untuk kegiatan pembukaan lahan.

“Kawasan ini tersebar di Kalimantan dan Papua. Yang kedua, untuk menggerakkan tanam 2010 target 1 miliar pohon kita sudah berhasil tanam 1,5 miliar tahun ini 1 miliar lagi mudah-mudahan capai 2 miliar,” jelasnya. (Yoi/OL-12)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/27/263305/89/14/Indonesia-Lanjutkan-Komitmen-Pengurangan-Emisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s