Menhut Nilai Perhatian Publik untuk Karbon Masih Minim

Sumber : Republika – 11 Oktober 2011

Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan menilai perhatian publik terhadap besarnya kemampuan hutan dalam menyerap karbon belum menyeluruh. Padahal, lembaga pangan dunia FAO sudah memprediksikan hutan global dapat menyerap karbon hingga 2,6 giga ton (GT) pertahun.

Hutan juga sebagai tempat penyimpanan karbon raksasa mencapai 1.650 GT. Jumlah ini setara dua kali besarnya karbon yang ada di atmosfir. Menurut perhitungan, hutan Indonesia memunyai stok karbon lebih dari 50 GT. “Itu sudah termasuk stok karbon di lahan gambut,” katanya di Gedung DPR Jakarta, Selasa (11/10).

Cadangan karbon hutan Indonesia yang besar tentunya masih bisa lebih besar lagi menyerap CO2. Caranya melalui pencegahan deforestasi dan kerusakan hutan akibat kegiatan manusia yang kurang terkendali, serta perbaikan dalam pengelolaan sumberdaya lahan dan hutan.

Melalui program restorasi ekosistem hutan Indonesia, kata Menhut, dalam dua puluh tahun mendatang akan mampu menyerap 8,7 GT CO2. Untuk itu, Kementerian Kehutanan telah mencadangkan 3,5 juta hektar log over area (LOA) pada hutan produksi untuk restorasi ekosistem.

Untuk mengembangkan pelaksanaan REDD Plus di Indonesia, kata Menhut, pemerintah melakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan pengelolaan hutan. Caranya melalui percepatan pembentukan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Kelembagaan KPH adalah kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. “KPH dapat menjadi unit evaluator dalam upaya penurunan GRK,” ujar Menhut.
Redaktur: Djibril Muhammad
Reporter: Mutia Ramadhani

Link : http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/11/10/11/lswfa7-menhut-nilai-perhatian-publik-untuk-karbon-masih-minim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s