Indonesia Usung Boikot Kelapa Sawit ke WTO

Sumber : Media Indonesia – 14 Oktober 2011
Oleh Bunga Pertiwi Adek Putri

Indonesia bakal bawa kasus boikot kelapa sawit oleh Uni Eropa ke sidang organisasi perdagangan dunia (World Trade Organization/WTO) dalam waktu dekat. Indonesia beralasan, biodiesel sawit dapat menekan emisi gas rumah kaca hingga 62,13%.

Data Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) menunjukkan penghematan emisi gas rumah kaca (GRK) terhadap bahan bakar fosil sebesar 62,13%. Perhitungan ini didapat dari perbandingan antara produksi dan penggunaan bahan bakar minyak sebesar 4.228 kilogram CO2/ton biodiesel dengan penghematan biodiesel sawit sebesar 2.627 kilogram CO2/ton biodiesel.

“Data dari DMSI ini akan dibawa Indonesia ke sidang WTO. Karena yang dikeluhkan konsumen negara-negara Uni Eropa adalah produksi kelapa sawit Indonesia merusak lingkungan,” kata Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Jumat (14/10).

Bayu menambahkan, penghematan 62,13% ini bahkan melebihi target Uni Eropa pada 2010 sebesar 35%. Dia juga menilai Uni Eropa telah mengganggu perdagangan Indonesia. “Kami anggap itu sebagai dispute karena kami menduga bahwa Uni Eropa kuatir minyak kedelai kalah saing dengan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) kita,” imbuhnya.

DMSI juga mencatat kelapa sawit dalam setiap hektar per tahun dapat menghasilkan biodiesel lebih banyak daripada minyak kedelai. Produksi biodiesel dari kedelai hanya 440 liter/ha/tahun, sedangkan kelapa sawit dapat menghasilkan 6.000 liter/ha/tahun.

Produk kelapa sawit Indonesia diboikot Uni Eropa karena pendirian kebun kelapa sawit di Indonesia dinilai mendukung pemanasan global. Penilaian ini, menurut Bayu, juga akan ditampik Indonesia dengan menampilkan data perbandingan perkebunan kelapa sawit dengan hutan hujan dalam menyerap karbondioksida. (NG/OL-2)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/14/268278/4/2/Indonesia-Usung-Boikot-Kelapa-Sawit-ke-WTO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s