Segera Keluar dari Status “In Danger”

Sumber : Kompas.com, 14 November 2011
JAMBI

Pemerintah Indonesia bertekad mengeluarkan Hutan Hujan Tropis Sumatera dari status in danger. Caranya dengan berkoordinasi secara terpadu dengan seluruh pihak terkait untuk memulihkan hutan yang telah ditetapkan sebagai warisan alam dunia sejak 2004 tersebut. “Kami harap pembenahan secepatnya pada Hutan Hujan Tropis Sumatera (Tropical Rainforest Heritage Sumatra/TRHS), sehingga warisan dunia ini sudah akan keluar dari daftar status in danger pada sidang UNESCO bulan Juni tahun depan,” ujar Gatot, Direktur Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung, dalam Sosialisasi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat, di Jambi.

Gatot melanjutkan pemerintah menyadari bahwa TRHS yang mencakup Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), memiliki keindahan dan kekayaan hayati luar biasa yang diakui dunia. Pihaknya telah berupaya untuk menjaga hutan dari kerusakan. Penetapan status in danger oleh UNESCO diterima pihaknya sebagai sebuah sindiran, namun itu juga berarti menuntut perbaikan pada kawasan. Kami merasa tidak enak juga karena seperti telah disindir, padahal kami sudah berupaya dari tahun ke tahun melakukan ini dan itu, ujarnya.

Atas dasar itu, seluruh instansi terkait akan berkumpul pada 25 November mendatang untuk membahas berbagai upaya memperbaiki status TRHS. Pihaknya menargetkan TRHS sudah akan keluar dari daftar status in danger pada sidang UNESCO tahun depan. Gatot menyesalkan pemerintah daerah di sekitar taman nasional selama ini seperti tidak peduli untuk turut menjaga taman, namun di sisi lain menuntut kompensasi dari pemerintah pusat atas keberadaan taman di wilayah mereka. “Padahal, selama ini banyak dana telah bergulir untuk kelestarian taman, hanya saja tidak melalui pemerintah daerah. Dana penghapusan hutang luar negeri dari AS mengalir 20 juta dollar AS telah disalurkan melalui lembaga-lembaga swadaya masyarakat, bukan pemerintah daerah,” tuturnya.

Link: http://regional.kompas.com/read/2011/11/14/16380361/Segera.Keluar.dari.Status.In.Danger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s