Indonesia Terima Penghargaan dalam Bidang Perlindungan Ozon

Sumber : Media Indonesia – 21 November 2011
Oleh Arnoldus Dhae

Indonesia dipastikan meraih penghargaan dari Ozone Secretariat karena dinilai mampu menurunkan emisi lebih cepat dua tahun dari target sebelumnya. Target tersebut adalah tahun 2012. Namun Indonesia sudah mampu melakukannya sejak 2010.

“Kami menyambut baik upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan perlindungan ozon. Karena itu, kami akam memberikan penghargaan bagi pemerintah Indonesia yang bisa melakukannya lebih cepat dari target sebelumnya yakni 2012,” ujar Sekjen Ozone PBB Marco Gonsales, saat ditemui di Nusa Dua Bali, Senin (21/11), dalam pertemuan Konferensi Perlindungan Ozon.

Rencananya, penghargan tersebut akan diberikan pada hari ketiga Konferensi Perlindungan Ozon pada Rabu (23/11) di Nusa Dua Bali. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh pihak Sekretariat Ozon Badan Lingkungan Hidup PBB melalui Sekjen Ozon Marco Gonzales kepada pemerintah Indonesia yang akan diterima langsung oleh Wakil pemerintah Indonesia, yakni Menteri Lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya.

Duta Besar RI untuk PBB Makarim Wibisono menegaskan Indonesia memang pantas menerima penghargaan tersebut karena berbagai upaya untuk melakukan perlindungan ozon dan mengurangi emisi gas karbon. Dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, Indonesia adalah salah satu negara yang dengan konsisten melakukan berbagai upaya tersebut dalam melakukan perlindungan ozon dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, Indonesia menurut penilaian Badan Lingkungan Hidup PBB merupakan salah satu negara yang yang juga dengan konsisten menerapkan kesepakatan Montreal Protocol dan Viena Convention yang juga ikut memperjuangkan perlindungan ozon dan penurunan gas rumah kaca.

“Dengan upaya-upaya tersebut, Indonesia pantas menerima penghargaan yang diberikan oleh Sekretarian Ozon PBB,” ujarnya.

Deputi Kontrol Degradasi Lingkungan dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup Arief Yuwono mengatakan laporan terakhir menunjukkan, jika pada akhir 2007 atau awal 2008 Indonesia sudah berhasil menaikkan atau mempertebal lapisan ozon sebesar 8989 metrik ton cfc.

“Inilah keberhasilan Indonesia dalam memberikan perlindungan ozon berdasarkan perhitungan yang dibuat oleh para ilmuwan di Indonesia dan laporan tersebut diterima oleh Sekretariat Ozon PBB,” ujarnya. Keberhasilan tersebut diperoleh melalui kerja sama semua pihak di Indonesia. Bahkan, kebijakan nasional yang dikeluarkan pemerintah Indonesia juga ikut mendukung upaya tersebut.

Konferensi internasional yang berlangsung di Nusa Dua ini dihadiri 196 negara. (OL/OL-10)

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/21/277921/89/14/Indonesia-Terima-Penghargaan-dalam-Bidang-Perlindungan-Ozon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s