14 Titik Jadi Sasaran Gerakan Tanam Sejuta Pohon

Sumber : Sindikasi – 28 November 2011

GubernurKaltim Awang Faroek didampingi Bupati Kukar Rita Widyasari menghadiri acara penanaman pohon di Desa Loa Lepu samping SMK 3 Tenggarong Seberang diikuti 1000 undangan berlangsung pukul 07.00 Wita, Senin (28/11).

Acara ini dalam memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2011.

Setelah menanam pohon gubernur menuju kompleks Stadion GOR Aji Imbut Tenggarong Seberang guna mendengarkan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia langsung dari komplek Indonesia Peace and Security Center Bukit Merah Putih Sentul Jawa Barat melalui teleconference.

Pada kesempatan itu gubernur melaporkan ke SBY terkait kegiatan akan dilakukannya dalam melestarikan hutan dengan misi 1 miliar pohon di Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden SBY mengatakan Hari Menanam Pohon Indonesia bertujuan menanam satu miliar setiap tahun merupakan gerakan sangat penting. Karena itu presiden dan Wapres Boediono hadir dalam acara itu.

“Berarti gerakan tanam 1 miliar pohon adalah gerakan sangat penting,” katanya.

Dalam laporannya gubernur mengatakan ada 14 titik lahan di Kaltim akan menjadi sasaran gerakan menanam sejuta pohon sebagian besar perbukitan gundul akibat aksi penebangan liar.

Presiden juga mengingatkan agar jangan menjadi penadah kayu ilegal dari Kaltim “Illegal logging masih sering terjadi. Saya mengimbai kepada negara tetangga jangan menjadi negara penadah kayu ilegal jika ingin mendukung menurunkan gas emisi,” ujarnya.

Indonesia bertekad menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada 2020.

Berau Tanam Serentak

Dalam menyukseskan program pemerintah untuk penanaman 1 miliar pohon tahun ini Pemkab Berau dikoordinir Dinas Kehutanan menggelar penanaman pohon serentak bersama unsur Muspida, DPRD serta berbagai komponen masyarakat di antaranya di sekitar di Lapangan Sepakbola Sambaliung Jalan Raja Alam, Senin.

Kegiatan ini sekaligus menyukseskan program pemerintah penanaman pohon setiap tahun bisa terus di tingkatkan bertujuan turut menurunkan emisi karbon rumah kaca bagi keselamatan dunia.

“Penanaman satu miliar pohon saat ini merupakan instruksi presiden Nomor 28 tentang Penanaman Pohon. Ini ditujukan pemerintah guna mengurangi emisi karbon secara global saat ini. Dengan demikian bukan pemerintah saja melaksankan penanaman namun diharapkan semua kalangan baik masyarakat maupun perusahaan bisa berpartisipasi,” ungkap Bupati Berau Makmur HAPK disela kegiatan penanaman 1 miliar pohon.

Apabila tercapai dengan baik maka Berau ke depan akan memiliki lingkungan hidup nyaman dan aman serta terhindar dari kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir.

“Karena itu mari semua elemen bisa bersatu dan berpartisipasi dalam kegiatan menanam 1 miliar pohon ini. Ada beberapa keinginan pemerintah pusat yakni menambah lahan penanaman agar bisa terhindar banjir serta mendukung pembangunan tanaman pangan di setiap daerah. Khusus di Berau menurutnya sampai saat ini seluruh kalangan melakukan hal terbaik guna menjaga lingkungan agar tak mengalami kerusakan,” tambah Makmur.

Kepala Dinas Kehutanan Berau Darwis menjelaskan dari tema diambil pada program pemerintah ini ditarget mampu bisa menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen. Mencapai target yang ada seperti halnya daerah lain di seluruh Indonesia yang harus menanam pohon sebanyak mungkin maka Berau juga melakukan hal sama.

Setiap kecamatan melakukan penanaman sampai ke wilayah perkampungan diharapkan ada penghijauan guna menjaga kelestarian hutan terutama hutan lindung.

”Kita saat ini tak saja melakukan penghijauan di hutan taip juga berkomitmen menjaga hutan lindung agar tetap hijau. Kita berkeinginan agar Berau menjadi salah satu kabupaten di Kalimantan selalu menjaga keaslian hutanya,” ucap Darwis.[mor]

Link : http://sindikasi.inilah.com/read/detail/1801638/14-titik-jadi-sasaran-gerakan-tanam-sejuta-pohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s