Bupati Presentasikan Program REDD+ Di Afsel

Sumber : Tribun Kalteng – 05 Desember 2011

Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, H M Mawardi berkesempatan mempersentasikan program “Reducing Emissions from Deforestation and Degradation Plus (REDD+)” Kabupaten Kapuas pada acara UNFCCC COP 17 di Durban, Afrika Selatan.

Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Sapto Subagio di Kuala Kapuas, Senin (5/12/2011) mengatakan, materi yang disampaikan mengenai “Community Participation on REDD+ : The Case of Kapuas District” yang berlangsung di ICC Durban Afrika Selatan, Kamis (1/12/2011).

Pada kesempatan tersebut menyampaikan program yang ada di Kabupaten Kapuas yaitu ujicoba REDD +, yang merupakan program kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia.

Bupati menyampaikan juga, bahwa program uji coba REDD+ ini harus sinergi, harmonis dan fokus pada pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Dimana indikator keberhasilan dari program uji coba REDD+ tidak hanya ditinjau dalam pengurangan emisi, tetapi juga keberhasilan dalam penguatan kesejahteraan masyarakat yang akan mengurangi preasure untuk hutan dan eksploitasi sumber daya alam,” katanya.

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengubah masyarakat dalam praktik bijaksana non pengelolaan hutan, sehingga perlu upaya serius dan ditentukan oleh semua stakeholder, ujarnya.

“Dalam komunitas ini diharapkan bahwa meskipun perlahan, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam perubahan iklim dan dampaknya, terutama yang berkaitan dengan masyarakat sekitar hutan juga memberikan persepsi dalam posisi dan peran masyarakat,” katanya.

Selain dari itu, peluang pelaksanaan percontohan REDD+ adalah harapan untuk mampu memberikan pengetahuan dan transfer keahlian, pelajaran bagi masyarakat dan pemerintah lokal, juga kesiapan dan perumusan institusi yang akan menangani berbagai kegiatan dan juga manfaat mekanisme pembagian distribusi ke berbagai pihak.

Bupati juga mengundang negara-negara peserta delegasi untuk berkunjung melihat langsung kegiatan REDD+ di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Herson B Aden yang juga Ketua Pokja REDD+ Kabupaten Kapuas menjelaskan bahwa ini merupakan kesempatan bagus bagi Kabupaten Kapuas pada kegiatan internasional yang juga diikuti oleh Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang SH dan Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola serta Kabupaten Kapuas.

Editor : deny. Sumber : Antara

Link : http://kalteng.tribunnews.com/2011/12/05/bupati-presentasikan-program-redd-di-afsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s