IPB Gelar Pertemuan Pemuda Cinta Kehutanan

Sumber : Sumber : Pos Kota – 14 Desember 2011

Dalam rangka memperingati Tahun Internasional Kehutanan yang jatuh pada tahun 2011, mahasiswa kehutanan IPB menggelar Southeast Asia Forest Youth Meeting 2011 di Auditorium Toyib HAdiwijaya.

Acara yang mempertemukan pemuda-pemuda cinta kehutanan se Asia Tenggara ini diikuti 19 delegasi dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Dari jumlah delegasi yang hadir, salah satu delegasi masih duduk di tingkat akhir
secondary school.

“Kegiatan di rancang oleh IFSA LC IPB dan digelar untuk merayakan Tahun Internasional Kehutanan yang jatuh pada tahun ini (2011). Dari Indonesia hadir delegasi dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Lampung Mangkurat dan Universitas Mataram. Sedangkan dari luar negeri hadir delegasi dari Malaysia, Singapura dan Thailand,” ujar Ketua Panitia, Fahmi Satria Mahasiswa IPB dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata.
Fahmi menambahkan, tujuan acara ini juga agar inovasi kehutanan dari berbagai negara terutama negara di Asia Tenggara dapat di-share dan menjadikan kehutanan di Asia Tenggara menjadi lebih baik.

“Dengan mengikuti acara ini saya menjadi yakin bahwa IPB memiliki strong point untuk ikut andil dalam meningkatkan kehutanan dan ekosistem lingkungan menjadi lebih baik. Di negara kami (Singapura) pembangunan gedung-gedung modern sudah mulai memperhatikan lingkungan. Dulunya antara pembangunan dengan ekosistem dibuat terpisah, namun sekarang sudah mulai terhubung lagi,” ujar Leshon Lee, delegasi termuda (15 tahun) yang sudah aktif di NGO bidang lingkungan selama 9 tahun.
Sementara itu, salah satu delegasi dari IPB Monica Ade Ayu Dewayani mahasiswa dari Departemen Silvikultur menyampaikan paper mengenai urban forest.

“Urban forest atau hutan kota itu adalah suatu daerah yang berupa kawasan hutan di urban area. Daerah yang dibangun untuk tempat tinggal, industri dan perkantoran adalah daerah yang berpotensi memiliki pengeluaran emisi gas yang besar. Contoh di jalan raya banyak buangan gasnya (emisi karbon), disanalah harusnya banyak hutan kota dibuat dan ditata, karena pohon adalah penyerap gas buangan,” ujarnya.

Acara yang digelar selama 5 hari ini diisi dengan presentasi paper dari masing-masing delegasi, kunjungan ke Gunung Walat dan melihat percontohan penerapan REDD di Gunung Walat hingga pertukaran budaya. (yopi/sir)

Link : http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/12/14/ipb-gelar-pertemuan-pemuda-cinta-kehutanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s