TNTN dan TNBT Akan Dapat Dana REDD+

Sumber : Riau Terkini – 14 Desember 2011

Pemerintah Provinsi Riau telah mengajukan tujuh daerah yang berpotensi menerima dana implementasi Reducing Emissions from Deforestation and Degradation (REDD+).

Ketujuh kawasan konservasi tersebut adalah Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu, kawasan Semenanjung Kampar, serta hutan lindung Rumbio dan Buluh Cina.

Kawasan-kawasan konservasi tersebut dipilih karena dinilai memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan berada di lahan gambut yang bisa menjadi penyimpan karbon. Namun dari tujuh kawasan konservasi yang diajukan, hanya dua kawasan yang disetujui oleh Kementerian Kehutanan. Yaitu kawasan TNBT dan TNTN.

Terkait dengan hal itu, pemerhati lingkungan dari Universitas Riau, Tengku Ariful Amri, Rabu (14/12/11), mengatakan bahwa jika Indonesia memiliki karakteristik yang jelas, Indonesia baru layak untuk menjalin hubungan kerjasama dengan bangsa-bangsa lain yang memiliki kondisi iklim serupa demi perbaikan lingkungan dan terkait perubahan iklim. “Indonesia perlu ada sinergitas antara pengelolaan lingkungan dengan aspek budaya mulai dari sekarang mengingat kondisi iklim yang semakin tak menentu,” katanya.***(H-we)

Link : http://www.riauterkini.com/lingkungan.php?arr=42016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s