Manfaat Pembatasan BBM Versi Pemerintah

Sumber : WartaNews – 30 Januari 2012

Pemerintah telah mengemukakan manfaat kebijakannya dalam melakukan pengendalian atau pembatasan konsumsi BBM bersubsidi mulai 1 April mendatang.

Hal tersebut pernah diungkapkan Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR, beberapa waktu lalu.

Kebijakan pemerintah itu diklaim bermanfaat dalam meningkatkan ketahanan energi, pengurangan penggunaan BBM dan peningkatan diversifikasi energi.

Selain itu, juga mendukung program langit biru dan pengurangan emisi gas rumah kaca dan penghematan volume BBM bersubsidi untuk tahun 2012 diperkirakan sebesar 2,5 juta kiloliter (KL) dari kuota volume APBN sebesar 40 juta KL. Sehingga penghematannya dapat direalokasikan untuk belanja infrastruktur energi, sarana dan prasarana angkutan umum, anggaran pendidikan cadangan resiko fiskal.

Terkait pembatasan konsumsi BBM subsidi tersebut, Pemerintah telah mengubah Perpres No 55 tahun 2005 jo Perpres No 9 tahun 2006 dan segera menyusun rancangan Perpres untuk diversifikasi BBM ke bahan bakar gas (BBG).

Selain mempersiapkan infrastruktur untuk penjualan BBM non subsidi Jawa-Bali. Pemerintah juga akan menyiapkan jalur khusus untuk penjualan BBM non subsidi serta meningkatkan infrastruktur bahan bakar gas bagi transportasi.

Rencananya, pada tahun 2012 akan dibangun 54 SPBG CNG dan 108 SPBG LGV di Jawa-Bali. Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap dan dalam jumlah banyak mulai dilakukan September mendatang.

Bahkan untuk mendorong penggunaan bahan bakar gas agar lebih cepat, pemerintah berencana memberikan bantuan converter kit kepada kendaraan umum secara gratis dan untuk dibagikan secara bertahap. (*/mako

Link : http://www.wartanews.com/read/Nasional/2b0d4779-fbc9-2e18-2a0d-e6b9a672533f/Manfaat-Pembatasan-BBM-Versi-Pemerintah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s