Indonesia Dituntut Dukung Kebijakan Biofuel Rendah Karbon

Sumber : Media Indonesia – 06 Februari 2012
Oleh Rudi Kurniawansyah

Pemerintah Indonesia dituntut mendukung kebijakan biofuel rendah karbon yang disepakati para pemimpin dunia barat demi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) secara global.

Tuntutan itu didasarkan atas sikap pemerintah Amerika Serikat (AS) yang mengeluarkan notifikasi Environmental Protection Agency (EPA) pada 27 Januari lalu mengenai standar bahan bakar dari sumber yang dapat diperbarui atau renewable fuel standards (RFS). Intinya menolak produk minyak sawit atau crude palm oil (CPO) dari Indonesia.

Pemerintah AS secara sepihak berpendapat bahwa bahan bakar minyak nabati atau biofuel yang berasal dari minyak sawit Indonesia belum memenuhi standar energi terbarukan.

“WWF-Indonesia melihat hal ini sebagai tantangan bagi pemerintah Indonesia untuk mengeluarkan kebijakan yang mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dari bahan bakar nabati atau biofuel. Mengingat hingga saat ini belum ada standar yang mengatur tentang pengurangan emisi pada produk biofuel atau biodiesel dari Indonesia,” kata Direktur Iklim & Energi WWF-Indonesia Nyoman Iswarayoga, Senin (6/1).

Nyoman menambahkan bahwa berdasarkan ketentuan dalam notifikasi tersebut, parameter yang dijadikan tolok ukur bagi boleh tidaknya biofuel/biodiesel dari bahan baku sawit masuk ke AS adalah tingkat emisi GRK. “Jika sawit Indonesia teridentifikasi memenuhi standar emisi yang ditentukan, biofuel tersebut tetap bisa masuk ke pasar AS,” ujarnya.

Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/06/296554/89/14/Indonesia-Dituntut-Dukung-Kebijakan-Biofuel-Rendah-Karbon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s